Cetak

Bekerja Di Bawah Ketegangan

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

Kebanyakan dari kita, entah itu disadari atau pun tidak, pada saat-saat muncul ketegangan yang tiba-tiba atau bekerja dalam situasi mendesak untuk memenuhi target waktu (deathline), atau karena suatu bahaya yang kita rasakan karena adanya kekhawatiran yang begitu besar menyelimuti perasaan hati, ada perubahan yang terjadi pada aliran darah dalam tubuh kita.

Ketika Anda menyeberang jalan, Anda sedang berpikir mengenai ini dan itu. Tiba-tiba dari belakang Anda mendengar suara bunyi klakson yang keras dan suara rem. Apa yang terjadi? Anda bergerak dengan cepat. Anda melakukan suatu lompatan yang jauh, yang mungkin dalam keadaan normal tidak sanggup Anda lakukan. Kemudian setelah itu, Anda merasa lemas dan seperti kehabisan nafas. Apa yang terjadi ialah terdapat adanya suatu pelepasan atau pengeluaran tenaga yang sangat cepat sedang meledak di dalam diri Anda dengan kerja hormon adrenalin yang berlangsung sangat cepat. Hal ini terjadi karena tanda atau signal dari otak memompa adrenalin ke dalam aliran darah. Adrenalin melepas suatu semburan dari hati (liver). Kelenjar-kelenjar pituitry dan thyroid sangat digiatkan, fungsi-fungsi lain berubah dengan "kekuatan maksimum" dalam waktu yang sangat cepat.

Keadaan darurat menghasilkan suatu reaksi jasmani luar biasa yang menyelamatkan kehidupan. Kelenjar adrenalin itu melepaskan sejumlah kecil hormon ketegangan (stress hormones) ke dalam aliran darah sebagai reaksi atau jawaban terhadap ketegangan dari kehidupan setiap hari. Kita mengalami perasaan tegang dan mengalami kecemasan luar biasa secara tiba-tiba mengenai keadaan ekonomi dan bagaimana hal itu mempengaruhi kehidupan kita. Kita cemas mengenai anak kita, istri, kerabat, orang tua, atau dengan pekerjaan, dari setiap tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepada kita. Setiap waktu darah kita menerima suatu muatan hormon.

Seorang ahli psikologi yang bernama Dr. Seymour N. Farber dengan mengadakan penelitian kepada para eksekutif, dia mampu mengetahui masalah ketegangan yang dialami oleh mereka. Sampai kemudian dia melacak dan menemukan kurva ketegangan, yang dijelaskannya sebagai berikut: "...Pada waktu fajar, kurva hormon ketegangan ini, yang memberi Anda daya tahan, sedang berada pada tingkat yang paling rendah. Dan ketika kurva ini mulai beranjak naik pada waktu menjelang jam sebelas atau pada tengah hari, di situlah hormon tersebut mencapai puncaknya, dan kita menjadi lebih bersemangat, kreatif dan lebih berminat... sesudah tengah hari, kurva itu menurun, dan sekitar jam lima atau enam, Anda tidak lagi mempunyai kekuatan hormon untuk daya tahan. Anda tidak berada dalam keadaan yang terbaik. Pada jam sebelas malam, naik lagi tapi tidak sampai ke tingkat keadaan tengah hari (11.oo siang).

Kita mungkin menjadi eksekutif yang jauh lebih produktif jika kita mengenal tempo atau aliran yang tidak dapat dihindari dari irama "ups and downs" dari keadaan fisiologi setiap hari, dan menyesuaikan diri terhadapnya. Hal ini memerlukan pemahaman pada keadaan diri kita sendiri (mawas diri). Jika Anda mengetahui bahwa pada suatu waktu tertentu, pada suatu hari, Anda merasa dalam keadaan baik dan mampu melaksanakan tugas-tugas yang sulit, maka sadarilah bahwa kerja Anda yang paling kreatif adalah sekitar waktu itu. Sebaliknya, pekerjaan rutin jangan dilakukan pada waktu semangat Anda sedang rendah. Ini mungkin terkesan bahwa kita sedikit menyimpang dari cara-cara kerja yang biasa dilakukan pada umumnya oleh setiap orang. Misalnya dengan menunda waktu makan siang sampai jam tiga menjelang sore. Biasanya kita selalu makan pada jam istirahat di tengah hari, seperti orang lain juga melakukannya.

Fungsi-fungsi tertentu dari jiwa dan jasmani kita berjalan menurut pola yang sudah diprogramkan oleh alam, yang tidak boleh lagi menerima perubahan-perubahan yang banyak, tidak peduli betapa keras usaha kita untuk mencoba. Mungkin ada baiknya Anda menyesuaikan diri dengan pola kerja yang produktif atau bekerja sesuai dengan kurva keadaan diri kita. Anda tidak perlu memaksakan diri, justru yang diperlukan adalah sikap positif dalam menerima berbagai macam bentuk ketegangan yang sedang Anda alami. Tetap fokus dalam bekerja dan penuh percaya diri dapat menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik-baiknya.

Pesan

maeru.co

Kunjungi profil maeru.co di Pinterest.

e-Procurement

 

 

Head Office

TRC Semarang

 

 

 

 

Tritama Rent Car Semarang

Tempat sewa mobil di Jl.Kedungmundu Raya No. 18A Semarang 50248 Telp. 024-76740128. Fax. 024-6730681 Ponsel 08112726625/ 08112726626. Email t...@tritamanusantara.com

Branch Office

 

TRC Yogyakarta

 

 

 

 

Tritama Rent Car Perwakilan Yogyakarta

Gg. Kunti RT. 6 RW. 16 Mancasan Kidul - Condongcatur - Depok - Sleman - Yogyakarta 55281 (Belakang Polsek Depok Timur - Ring Road Utara) Telp./ Fax. 0274-4477688 Ponsel 08112726623 Email: t...@tritamanusantara.com

Read more

Branch Office II

Tritama Rent Car Perwakilan Surabaya

Kahuripan Nirwana Blok A No. 33, Rt. 4/ Rw. 10, Jati - Sidoarjo 61226 Telp./ Fax. 031-99702342 Ponsel 0811299864/ 08112726625 Email t...@tritamanusantara.com

Read more